Survei Kepuasan Mahasiswa dilakukan secara berkala untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap layanan FTP pada tahun akademik 2023/2024, dengan tujuan mendorong peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Data yang dikumpulkan mencakup Semester Ganjil dan Genap (1 Agustus 2023 – 31 Juli 2024), dengan total responden sebanyak 36 mahasiswa. Halaman ini menyajikan ringkasan hasil survei beserta tindak lanjut yang diusulkan.
1. Keandalan (Reliability)
Bagaimanakah kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan dalam proses pembelajaran Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Memberikan pelatihan kepada dosen dan tenaga kependidikan Pengelola Program Studi dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa.
2. Daya Tanggap (Responsiveness)
Bagaimanakah kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Pengelola Program Studi membuat standar baku operasi yang mengatur jangka waktu pelayanan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan jasa kepada mahasiswa.
3. Kepastian (Assurance)
Bagaimanakah kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku?

Tindak Lanjut: Secara periodik, mensosialisasikan kembali peraturan-peraturan Program Studi, Fakultas, dan Universitas.
4. Empathy
Bagaimanakah kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Program Studi menghimbau dosen pembimbing agar dapat mendedikasikan waktunya untuk mengadakan pertemuan bersama dengan mahasiswa bimbingannya secara periodik.
5. Tangible
Bagaimanakah penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana di Program Studi, Departemen maupun Fakultas?

Tindak Lanjut: Mengusulkan kepada fakultas untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana yang cukup dan dapat diakses dengan mudah untuk mendukung aktivitas mahasiswa.
Poin-poin utama dari hasil survei yang perlu menjadi perhatian sebagai bahan evaluasi diri:
- Kualitas Pengajaran: Sebagian besar mahasiswa menyatakan kepuasan terhadap kualitas pengajaran, namun beberapa menyoroti perlunya peningkatan dalam penyampaian materi agar lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan terbaru dalam ilmu dan teknologi pangan.
- Ketersediaan Fasilitas: Fasilitas laboratorium dan ruang kelas dinilai cukup memadai, namun ada permintaan untuk perbaikan peralatan dan ketersediaan akses yang lebih fleksibel, terutama untuk kegiatan riset.
- Pembimbingan Tesis: Mahasiswa mengapresiasi dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh dosen pembimbing, namun beberapa merasa perlu adanya komunikasi yang lebih rutin dan arahan yang lebih jelas dalam proses penyusunan tesis.
- Layanan Administrasi: Layanan administrasi secara umum mendapat respons positif, namun ada beberapa saran untuk mempercepat proses birokrasi dan memberikan informasi yang lebih jelas terkait prosedur akademik.
- Kegiatan Akademik dan Non-Akademik: Mahasiswa mengharapkan lebih banyak kegiatan akademik yang melibatkan kolaborasi dengan industri, serta kegiatan non-akademik yang dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.