• UGM
  • Simaster
  • IT Center
  • Email
  • Bahasa Indonesia
    • Bahasa Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
Magister Ilmu dan Teknologi Pangan
  • Beranda
  • Profil
    • Sejarah
    • Visi dan Misi
    • Capaian Pembelajaran
    • Struktur Organisasi
    • Dosen
    • Tenaga Kependidikan
    • Spesifikasi Program Studi
    • Akreditasi
    • Kontak Kami
  • Akademik
    • Buku Panduan Akademik
    • Struktur Kurikulum
    • Kalender Akademik
    • Prosedur Standar Operasional
    • Jadwal Kuliah
    • Sistem Penilaian
    • Panduan Penyusunan Tesis
    • Informasi Wisuda
  • Kemahasiswaan
    • Pendaftaran Mahasiswa Baru
    • Student Mobility
    • Publikasi
    • Organisasi Mahasiswa
    • Tinggal di Yogyakarta
    • Alumni
    • Feedback Mahasiswa
  • Fasilitas
    • Laboratorium
      • Bioteknologi
      • Pangan dan Gizi
      • Rekayasa Proses
      • KBPHP
      • Pengelolaan Limbah
    • Perpustakaan
    • Layanan IT
  • Berita
  • Home

Ringkasan Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa

  • 4 Maret 2025, 05.40
  • Oleh : admin

Survei Kepuasan Mahasiswa dilakukan secara berkala untuk menilai kepuasan mahasiswa terhadap layanan FTP pada tahun akademik 2023/2024, dengan tujuan mendorong peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Data yang dikumpulkan mencakup Semester Ganjil dan Genap (1 Agustus 2023 – 31 Juli 2024), dengan total responden sebanyak 36 mahasiswa. Halaman ini menyajikan ringkasan hasil survei beserta tindak lanjut yang diusulkan.

1. Keandalan (Reliability)

Bagaimanakah kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam memberikan pelayanan dalam proses pembelajaran Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Memberikan pelatihan kepada dosen dan tenaga kependidikan Pengelola Program Studi dalam memberikan pelayanan prima kepada mahasiswa.

2. Daya Tanggap (Responsiveness)

Bagaimanakah kemauan dari dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola dalam membantu mahasiswa dan memberikan jasa dengan cepat Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Pengelola Program Studi membuat standar baku operasi yang mengatur jangka waktu pelayanan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan jasa kepada mahasiswa.

3. Kepastian (Assurance)

Bagaimanakah kemampuan dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku?

Tindak Lanjut: Secara periodik, mensosialisasikan kembali peraturan-peraturan Program Studi, Fakultas, dan Universitas.

4. Empathy

Bagaimanakah kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa dalam proses pembelajaran Tahun Akademik 2023/2024?

Tindak Lanjut: Program Studi menghimbau dosen pembimbing agar dapat mendedikasikan waktunya untuk mengadakan pertemuan bersama dengan mahasiswa bimbingannya secara periodik.

5. Tangible

Bagaimanakah penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibitas, kualitas sarana dan prasarana di Program Studi, Departemen maupun Fakultas?

Tindak Lanjut: Mengusulkan kepada fakultas untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana yang cukup dan dapat diakses dengan mudah untuk mendukung aktivitas mahasiswa.

Poin-poin utama dari hasil survei yang perlu menjadi perhatian sebagai bahan evaluasi diri:

  • Kualitas Pengajaran: Sebagian besar mahasiswa menyatakan kepuasan terhadap kualitas pengajaran, namun beberapa menyoroti perlunya peningkatan dalam penyampaian materi agar lebih interaktif dan relevan dengan perkembangan terbaru dalam ilmu dan teknologi pangan.
  • Ketersediaan Fasilitas: Fasilitas laboratorium dan ruang kelas dinilai cukup memadai, namun ada permintaan untuk perbaikan peralatan dan ketersediaan akses yang lebih fleksibel, terutama untuk kegiatan riset.
  • Pembimbingan Tesis: Mahasiswa mengapresiasi dukungan dan bimbingan yang diberikan oleh dosen pembimbing, namun beberapa merasa perlu adanya komunikasi yang lebih rutin dan arahan yang lebih jelas dalam proses penyusunan tesis.
  • Layanan Administrasi: Layanan administrasi secara umum mendapat respons positif, namun ada beberapa saran untuk mempercepat proses birokrasi dan memberikan informasi yang lebih jelas terkait prosedur akademik.
  • Kegiatan Akademik dan Non-Akademik: Mahasiswa mengharapkan lebih banyak kegiatan akademik yang melibatkan kolaborasi dengan industri, serta kegiatan non-akademik yang dapat memperkaya pengalaman belajar mereka.

Agenda

  • 01Jul Herregistrasi Semester Gasal 2025/2026
  • 23Jul Postgraduate Graduation Ceremony
All Events

Berita Terkini

  • UGM Perkuat Kerja Sama Riset Internasional melalui Skema Erasmus+ dan Joint Supervision Mahasiswa S2 ITP di Spanyol
  • Jalur Fast Track S2 ITP dan S2 THP UGM
  • Melangkah dengan Ilmu: Wisuda Magister ITP UGM Periode III 2024/2025 Siap Tebarkan Kebermanfaatan
  • Mengawal Kemajuan Menuju Kesempurnaan: Pemantauan dan Evaluasi Tesis Mahasiswa S2 ITP dan THP
  • Student Mobility Erasmus+ KA171 : Jelajah Peranti Kimia Pangan Hingga Kawasan Schengen

Kabar UGM

  • UGM Gandeng GL Zoo Kerja Sama Riset Plasma Nutfah Spesies Ikan Invasif dan Burung Unta
  • 30 Mahasiswa UGM Siap Diterjunkan Melaksanakan KKN-PPM di Wakatobi
  • Cerita Perjuangan Nazwa, Lolos Kuliah Gratis di UGM
  • Gunardi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UGM Bidang Ilmu Aktuaria
Universitas Gadjah Mada

Magister Ilmu dan Teknologi Pangan

Departemen Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian

Universitas Gadjah Mada

Jl. Flora 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 INDONESIA

Phone: (0274) 544716

Email: pasca_ftpugm@ugm.ac.id

Link Pilihan

PENELITIAN UGM

PENGABDIAN UGM

DEPARTEMEN TPHP

JURNAL PENELITIAN

Agritech

Food Science

Perpusnas

Science Direct

Scopus

Willey Online Library

AKREDITASI

© Universitas Gadjah Mada